Tuesday, February 19, 2019

Mengenal Cara Hidup sebagai Teladan

Cara Hidup sebagai Teladan
 

     ...Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. (1 Timotius 4:12)
   
     Roh Kudus menyampaikan nasihat melalui Rasul Paulus dalam ayat pembuka adalah agar kita menjadi teladan. Jangan menjadi orang Kristen yang perilaku dan gaya hidupnya dipertanyakan. Beberapa perilaku orang tidak dapat dipuji dalam cara mereka memperlakukan orang lain; baik itu staf mereka, kolega atau bahkan atasan mereka; karakter dan perilaku mereka tidak seperti Kristus. Janganlah seperti itu.

     Dalam hidupmu, putuskan untuk menyenangkan Tuhan selalu, dalam segala hal, dan engkau akan berjalan dalam kepenuhan berkat-Nya. Ini masih awal tahun; lakukan evaluasi; jika cara hidupmu tidak konsisten dengan Firman, buat perubahan, sehingga engkau akan mengalami kemuliaan Roh Allah dalam hidupmu sebagaimana mestinya!

     Pastikan pikiranmu bersih. Miliki keinginan dan motivasi yang murni. Perbaharui pikiranmu dengan Firman, dan pastikan bahwa kasih, pilihan, dan keputusanmu sejalan dengan Firman. Jadilah orang Kristen sejati, dalam hati dan dalam tindakanmu. Gunakan Firman untuk memeriksa tindakan, motivasi, pikiran, dan keinginanmu.

     Tulisan yang diilhamkan Allah telah diberikan kepada kita untuk membangun, melatih, mengajar, dan mengoreksi kita dalam kehidupan dan jalan kebenaran: Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16). Biarkan Firman Tuhan membimbing engkau; berikan dirimu sepenuhnya untuk itu dan itu akan mengubah hidupmu dan membantumu membentuk karakter dan pola pikir yang tepat dan menyingkirkan semua hal yang salah.

     Yesus berkata, Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 15:3). Firman menyucikan dan menguduskan. Bahkan sekarang, terjadi dalam hidupmu; Firman itu membersihkanmu dan membawamu ke tingkat kemuliaan yang lebih tinggi. Tentukan pilihanmu untuk menjalani kehidupan Kristen yang sejati dan mengekspresikan kebenaran Allah.


AYAT RENUNGAN

     Kolose 1:10 sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah,

     1 Petrus 1:14-16 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis; Kuduslah kamu, sebab aku Kudus.

Comments


EmoticonEmoticon